Selamat Datang di Alumni Telsa Forum !


Dimohon untuk mengisi data dengan benar dan bisa dipertanggung jawabkan. Ini dimaksudkan untuk memudahkan monitoring status alumnus.



 
HomeHome  GalleryGallery  FAQFAQ  SearchSearch  MemberlistMemberlist  UsergroupsUsergroups  RegisterRegister  Log in  


Latest topics
Search
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search

Admin 1

Admin 2



Share | 
 

 PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!

Go down 
Go to page : 1, 2  Next
AuthorMessage
jk_ryan2_amb

avatar

Jumlah posting : 78
Points : 88
Reputation : 0
Join date : 2010-03-22
Age : 32
Lokasi : BEKASI

PostSubject: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Sat Mar 27, 2010 2:57 am

Ada beberapa dalam Al-Qur'an walau pun secara tidak langsung, namun hal ini
sangat mengena dalam bentuk penelitian apapun, ana lupa nama suratnya insya
Allah ana hafal artinny.

"setiap yang mubajir itu temannya syaitan,...." {Qs.

bukankah rokok tidak ada manfa'atnya jika di beli, bukankah lebih baik uang
tersebut lebih manfa'at djika digunakan ketempat nyang lain, dalam kajian hari
selasa di DDI keramat Ust. Yazid Abdul Qadir Jawas, pernah ditanya, dan beliau
menjawab kurang lebih sebagai berikut, " ....antum membeli rokok dan rokok itu
antum bakar, apabedanya dengan antum membakar uang......" [tolong koreksi kalau
ada kata yang kurang atau lebih, pembahasannya sudah lama]

"Sesungguhnya Allah menghalalkan yang baik-baik dan mengharamkan yang
buruk-buruk,...."
bukankah rokok sesuatu yang buruk coba dilihat dari segi kesehatan dan
pengaruh terhadap orang sekitar yang tidak merokok.
[coba antum baca buku "TIDAK MEROKOK KARENA ALLAH"]
wallahua'lam

Fadhillah Al-Fadhl

HUKUM MEROKOK MENURUT SYARIAT

Oleh
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin
http://www.almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=263&bagian=0

Pertanyaan
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : Apa hukum merokok menurut
syariat, berikut dalil-dalil yang mengharamkannya?

Jawaban
Merokok haram hukumnya berdasarkan makna yang terindikasi dari zhahir ayat
Al-Quran dan As-Sunnah serta itibar (logika) yang benar.

Dalil dari Al-Quran adalah firmanNya.

Artinya : Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan
[Al-Baqarah : 195]

Maknanya, janganlah kamu melakukan sebab yang menjadi kebinasaanmu.

Wajhud dilalah (aspek pendalilan) dari ayat tersebut adalah bahwa merokok
termasuk perbuatan mencampakkan diri sendiri ke dalam kebinasaan.

Sedangkan dalil dari As-Sunnah adalah hadits yang berasal dari Rasulullah
Shallallahu alaihi wa sallam secara shahih bahwa beliau melarang
menyia-nyiakan harta. Makna menyia-nyiakan harta adalah mengalokasikannya
kepada hal yang tidak bermanfaat. Sebagaimana dimaklumi, bahwa mengalokasikan
harta dengan membeli rokok adalah termasuk pengalokasiannya kepada hal yang
tidak bermanfaat bahkan pengalokasian kepada hal yang di dalamnya terdapat
kemudharatan.

Dalil dari As-Sunnah yang lainnya, sebagaimana hadits-hadits dari Rasulullah
Shallallahu alaihi wa sallam yang berbunyi.

Artinya : Tidak boleh (menimbulkan) bahaya dan juga tidak oleh membahayakan
(orang lain) [Hadits Riwayat Ibnu Majah, kitab Al-Ahkam 2340]

Jadi, menimbulkan bahaya (dharar) adalah ditiadakan (tidak berlaku) dalam
syariat, baik bahayanya terhadap badan, akal ataupun harta. Sebagaimana
dimaklumi pula, bahwa merokok adalah berbahaya terhadap badan dan harta.

Adapun dalil dari itibar (logika) yang benar, yang menunjukkan keharaman
merokok adalah karena (dengan perbuatannya itu) si perokok mencampakkan dirinya
sendiri ke dalam hal yang menimbulkan hal yang berbahaya, rasa cemas dan
keletihan jiwa. Orang yang berakal tentunya tidak rela hal itu terjadi terhadap
dirinya sendiri. Alangkah tragisnya kondisi dan demikian sesak dada si perokok,
bila dirinya tidak menghisapnya. Alangkah berat dirinya berpuasa dan melakukan
ibadah-ibadah lainnya karena hal itu meghalangi dirinya dari merokok. Bahkan,
alangkah berat dirinya berinteraksi dengan orang-orang yang shalih karena tidak
mungkin mereka membiarkan rokok mengepul di hadapan mereka. Karenanya, anda
akan melihat dirinya demikian tidak karuan bila duduk-duduk bersama mereka dan
berinteraksi dengan mereka.

Semua itibar tersebut menunjukkan bahwa merokok adalah diharamkan hukumnya.
Karena itu, nasehat saya buat saudaraku kaum muslimin yang didera oleh
kebiasaan menghisapnya agar memohon pertolongan kepada Allah dan mengikat tekad
untuk meninggalakannya sebab di dalam tekad yang tulus disertai dengan memohon
pertolongan kepada Allah serta megharap pahalaNya dan menghindari siksaanNya,
semua itu adalah amat membantu di dalam upaya meninggalkannya tersebut.

Jika ada orang yang berkilah, Sesungguhnya kami tidak menemukan nash, baik di
dalam Kitabullah ataupun Sunnah RasulNya perihal haramnya merokok itu sendiri.

Jawaban atas statemen ini, bahwa nash-nash Kitabullah dan As-Sunnah terdiri
dari dua jenis.

[1]. Satu jenis yang dalil-dalilnya bersifat umum seperti Adh-Dhawabith
(ketentuan-ketentuan) dan kaidah-kaidah di mana mencakup rincian-rincian yang
banyak sekali hingga Hari Kiamat.

[2]. Satu jenis lagi yang dalil-dalilnya memang diarahkan kepada sesuatu itu
sendiri secara langsung.

Sebagai contoh untuk jenis pertama adalah ayat Al-Quran dan dua buah hadits
yang telah kami singgung di atas yang menujukkan secara umum keharaman merokok
sekalipun tidak secara langsung diarahkan kepadanya.

Sedangkan untuk contoh jenis kedua adalah firmanNya.

Artinya : Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging
hewan) yang disembelih atas nama selain Allah [Al-Maidah : 3]

Dan firmanNya.

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, sesunguhnya (meminum) khamr, berjudi
(berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji
termasuk perbuatan syetan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu [Al-Maidah :
90]

Jadi, baik nash-nash tersebut termasuk ke dalam jenis pertama atau jenis kedua,
maka ia bersifat keniscayaan (keharusan) bagi semua hamba Allah karena dari
sisi pendalilan mengindikasikan hal itu.

[Program Nur Alad Darb, dari Fatwa Syaikh Ibn Utsaimin]

[Disalin dari buku Al-Fatawa Asy-Syariyyah Fi Al-Masail Al-Ashriyyah Min
Fatawa Ulama Al-Balad Al-Haram, edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Terkini, Penerbit
Darul Haq]

===========tambahan dari admin nih=============
All About Rokok

Ini loh yang dikonsumsi para perokok
Spoiler:
 

ih serem
Spoiler:
 

kayak bom waktu
Spoiler:
 


yang bikin rokok juga udah mengatakan bahwa rokok itu haram
bukti
Spoiler:
 

jadi
awas
Spoiler:
 

masalah perbedaan menurut agama tinggalin dulu ajah
sekarang lihat fakta ajah
oke gak???
====================
Back to top Go down
View user profile
Admin
Admin Top
Admin Top
avatar

Jumlah posting : 264
Points : 541
Reputation : 0
Join date : 2010-03-20
Lokasi : mbuh

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Sat Mar 27, 2010 2:59 am

mohon diperhatikan teman2 semua..ini bukan masalah sepele Exclamation
Back to top Go down
View user profile http://alumnitelsa.darkbb.com
agoenk_wae

avatar

Jumlah posting : 115
Points : 126
Reputation : 0
Join date : 2010-03-26

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Sat Mar 27, 2010 3:14 am

Hal-hal yang bersifat memiliki perbedaan pendapat, tentu juga memiliki perbedaan pengakuan

Quote :
mengingatkan, dari sisi hukum Islam, perbedaan pendapat para ulama itu
biasa. "Seperti hukum wudhu, laki-laki perempuan yang bukan muhrimnya
kalau tertempel kulitnya begini wudhunya batal, ada yang mengatakan
begitu, tapi ada juga yang mengatakan tertempel kulitnya tidak batal

"" Hukum rokok itu bisa berubah dari makruh menjadi haram pada
kondisi-kondisi tertentu. "Seperti ibu hamil, anak di bawah umur, orang
yang punya penyakit jantung, merokok di tempat tempat umum dan
seterusnya, jadi tergantung kondisi""



menurut aq sech... setelah membaca dan menggali beberapa Ilmu...

aq perokok-->
Back to top Go down
View user profile
jk_ryan2_amb

avatar

Jumlah posting : 78
Points : 88
Reputation : 0
Join date : 2010-03-22
Age : 32
Lokasi : BEKASI

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Sat Mar 27, 2010 3:42 am

wah wah wah mbak polwan perokok ya...
kok jadi perokok sih. bukannya cewek tu benci rokok. kan bau banget tu asap rokok. pa lagi nafas perokok tu.
apa enaknya sih memakan asap. wah paru paru jadi kotor dong banyak asapnya.
terus duit cuma dibakar doang. boros jadinya.
merusak kesehatan diri sendiri tu. bisa bunuh diri tu namanya. bukannya bunuh diri tu dilarang. pa lagi nyampai bom bunuh diri tu semakin parah.
hehehehe bisa ngeracuni orang lain juga lagi gara gara asap rokok tu. rokok tu pembunuh dengan pelan pelan tu.
Back to top Go down
View user profile
agoenk_wae

avatar

Jumlah posting : 115
Points : 126
Reputation : 0
Join date : 2010-03-26

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Sat Mar 27, 2010 3:46 am

sabar kang asep pisan......

anda perokok..???

asumsi anda berlebihan bung.......



di TS anda ne.... anda berbicara ap..???!!!!
Back to top Go down
View user profile
jk_ryan2_amb

avatar

Jumlah posting : 78
Points : 88
Reputation : 0
Join date : 2010-03-22
Age : 32
Lokasi : BEKASI

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Sat Mar 27, 2010 3:54 am

aku dari dulu ndak suka rokok kok...hehehehehehehe. ndak doyan ma rokok... Laughing
Back to top Go down
View user profile
Admin
Admin Top
Admin Top
avatar

Jumlah posting : 264
Points : 541
Reputation : 0
Join date : 2010-03-20
Lokasi : mbuh

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Sat Mar 27, 2010 3:54 am

All About Rokok

Ini loh yang dikonsumsi para perokok
Spoiler:
 

ih serem
Spoiler:
 

kayak bom waktu
Spoiler:
 


yang bikin rokok juga udah mengatakan bahwa rokok itu haram
bukti
Spoiler:
 

jadi
awas
Spoiler:
 

masalah perbedaan menurut agama tinggalin dulu ajah
sekarang lihat fakta ajah
oke gak???
Back to top Go down
View user profile http://alumnitelsa.darkbb.com
jk_ryan2_amb

avatar

Jumlah posting : 78
Points : 88
Reputation : 0
Join date : 2010-03-22
Age : 32
Lokasi : BEKASI

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Sat Mar 27, 2010 4:00 am

KANG BUDI BETUL BETUL BETUL TADI AKU JUGA NYARI GAMBAR GAMBAR ITU TAPI AKU LUPA NYIMPENYA NIE. MANTAB ABIZ KANG. LANJUTKAN !!!!
Back to top Go down
View user profile
Admin
Admin Top
Admin Top
avatar

Jumlah posting : 264
Points : 541
Reputation : 0
Join date : 2010-03-20
Lokasi : mbuh

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Sat Mar 27, 2010 4:01 am

jangan pake emosi yah di forum ini
Back to top Go down
View user profile http://alumnitelsa.darkbb.com
agoenk_wae

avatar

Jumlah posting : 115
Points : 126
Reputation : 0
Join date : 2010-03-26

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Sat Mar 27, 2010 4:02 am

hlaa gtu dunk.........


intine.......

INDIVIDU

masing2 to kang.....
Back to top Go down
View user profile
Admin
Admin Top
Admin Top
avatar

Jumlah posting : 264
Points : 541
Reputation : 0
Join date : 2010-03-20
Lokasi : mbuh

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Sat Mar 27, 2010 4:05 am

agoenk_wae wrote:
hlaa gtu dunk.........


intine.......

INDIVIDU

masing2 to kang.....

sabar....ngko ilang ayune..ceileh Embarassed
Back to top Go down
View user profile http://alumnitelsa.darkbb.com
agoenk_wae

avatar

Jumlah posting : 115
Points : 126
Reputation : 0
Join date : 2010-03-26

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Sat Mar 27, 2010 4:06 am

Admin wrote:
agoenk_wae wrote:
hlaa gtu dunk.........


intine.......

INDIVIDU

masing2 to kang.....

sabar....ngko ilang ayune..ceileh Embarassed

Spoiler:
 
Back to top Go down
View user profile
jk_ryan2_amb

avatar

Jumlah posting : 78
Points : 88
Reputation : 0
Join date : 2010-03-22
Age : 32
Lokasi : BEKASI

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Sat Mar 27, 2010 4:10 am

WAH KANG BUDI YO OJO NGO EMOSI NO. YEN EMOSI KO PODHO DITEMBAK KARO MBAH POLWAN KIEE. KAN NGERI N TAKUT LAH. HEHEHEHEHE. MASAK KITE KITE PAKAI SENAPAN MAINAN. NDAK LUCU NO. WKWKWKWKWKWK Laughing
Back to top Go down
View user profile
Admin
Admin Top
Admin Top
avatar

Jumlah posting : 264
Points : 541
Reputation : 0
Join date : 2010-03-20
Lokasi : mbuh

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Sat Mar 27, 2010 4:13 am

jk_ryan2_amb wrote:
WAH KANG BUDI YO OJO NGO EMOSI NO. YEN EMOSI KO PODHO DITEMBAK KARO MBAH POLWAN KIEE. KAN NGERI N TAKUT LAH. HEHEHEHEHE. MASAK KITE KITE PAKAI SENAPAN MAINAN. NDAK LUCU NO. WKWKWKWKWKWK Laughing

salam btw wae lah. lol!
Back to top Go down
View user profile http://alumnitelsa.darkbb.com
agoenk_wae

avatar

Jumlah posting : 115
Points : 126
Reputation : 0
Join date : 2010-03-26

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Sat Mar 27, 2010 4:21 am

Back to top Go down
View user profile
jk_ryan2_amb

avatar

Jumlah posting : 78
Points : 88
Reputation : 0
Join date : 2010-03-22
Age : 32
Lokasi : BEKASI

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Sat Mar 27, 2010 4:37 am

pokonya GO GREEN AJA DEH. yuk jaga lingkungan hidup kita...... gowes gowes terus bud.
Back to top Go down
View user profile
dian8088

avatar

Jumlah posting : 44
Points : 52
Reputation : 100
Join date : 2010-03-24
Age : 29
Lokasi : watububan, ungaran timur, kab semarang

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Tue Apr 20, 2010 10:30 pm

Mad ra trimo aku, q pan perokok cheers
Back to top Go down
View user profile
agoenk_wae

avatar

Jumlah posting : 115
Points : 126
Reputation : 0
Join date : 2010-03-26

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Wed Apr 21, 2010 4:00 am

yossssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss @
Back to top Go down
View user profile
Admin
Admin Top
Admin Top
avatar

Jumlah posting : 264
Points : 541
Reputation : 0
Join date : 2010-03-20
Lokasi : mbuh

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Wed Apr 21, 2010 6:12 pm

dipantau terus sampai tobat
Back to top Go down
View user profile http://alumnitelsa.darkbb.com
agoenk_wae

avatar

Jumlah posting : 115
Points : 126
Reputation : 0
Join date : 2010-03-26

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Wed Apr 21, 2010 8:57 pm

ckakkakakakak

klo mantau pakee.... maskerr minn...


prasaan dulu aq pernah liat mimin ngerokok dah........????????
Back to top Go down
View user profile
agoenk_wae

avatar

Jumlah posting : 115
Points : 126
Reputation : 0
Join date : 2010-03-26

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Wed Apr 21, 2010 8:57 pm

ckakkakakakak

klo mantau pakee.... maskerr minn...


prasaan dulu aq pernah liat mimin ngerokok dah........????????
Back to top Go down
View user profile
Yudilan Fajar

avatar

Jumlah posting : 45
Points : 45
Reputation : 100
Join date : 2010-03-23
Lokasi : ungaran

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Wed Apr 21, 2010 9:05 pm

merokok = menikmati hidup..

lol! lol! lol! lol! Laughing
Back to top Go down
View user profile
waz_q



Jumlah posting : 16
Points : 16
Reputation : 0
Join date : 2010-04-16
Age : 27
Lokasi : Tangerang

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Wed Apr 21, 2010 9:31 pm

ngomongin hal satu ini emang dilema,pasti ada pro-kontra, Neutral Neutral
Back to top Go down
View user profile
Yudilan Fajar

avatar

Jumlah posting : 45
Points : 45
Reputation : 100
Join date : 2010-03-23
Lokasi : ungaran

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Wed Apr 21, 2010 9:41 pm

waz_q wrote:
ngomongin hal satu ini emang dilema,pasti ada pro-kontra, Neutral Neutral

klo g ad pro-kontra g seru kang...
Laughing Laughing Laughing Laughing
Back to top Go down
View user profile
waz_q



Jumlah posting : 16
Points : 16
Reputation : 0
Join date : 2010-04-16
Age : 27
Lokasi : Tangerang

PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   Wed Apr 21, 2010 10:00 pm

iya sih gan,saya ngepro aja kalo emang diharamkan,lumayan bwt ngurang2in anggaran bulanan.. Very Happy Very Happy

tapi kontranya,kasian juga tenaga kerja yg dipabrik rokok kalo sampe pabriknya ditutup,trus rokok juga cukup membantu negara karena pajaknya juga lumayan gede,juga sering membantu olahraga Indonesia untuk selalu berprestasi.. Crying or Very sad Crying or Very sad
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!   

Back to top Go down
 
PERINGATAN BAGI PEROKOK!!!
Back to top 
Page 1 of 2Go to page : 1, 2  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
 :: Info Hot-
Jump to: